Pages

BARANG SIAPA BERJALAN DENGAN BENAR, TUHAN AKAN MENJADIKAN HIDUPNYA MENJADI BERKAT BAGI ORANG LAIN.

Translate

Selasa, 27 November 2012

Pengkhianatan kepada Kristus



Pengkhianatan
Pernahkah anda mendengar satu selogan atau kalimat yang berkata “pengkhianatan lebih kejam daripada pembunuhan” ?  Mudah-mudahan anda memahaminya sehingga pelajaran berikut ini sangat berguna bagi kita semua.

Pendahuluan
Bagi masyarakat Palestina, isu adanya pengkhianat di dalam negeri sendiri sudah tidak asing lagi. Ingatkah saudara beberapa waktu lalu di layar TV, bahwa ada beberapa orang Palestina dalam hal ini dari kelompok HAMAS yang berkhianat ?  Dalam berita itu , mereka yang berkhianat diarak di depan massa dan dihabisi nyawanya disana.  Semua itu dilakukan sebagai peringatan kepada mereka yang masih hidup agar jangan melakukan hal yang sama.


Ada istilah di Palestina waktu masa penjajahan Inggris di sana.  “Kolaborator” adalah istilah orang yang bekerja untuk kepentingan Inggris di Palestina.  Mereka adalah orang yang berkhianat kepada bangsa Palestina untuk mendapatkan keuntungan berupa uang dan jabatan.  Para Penguasa Palestina saat itu biasanya menghukum mereka dengan hukuman mati langsung di tempat jika bertemu dan mengetahui orang-orang yang dikatakan sebagai kolaborator.

Pasca berdirinya Negara Israel tahun 1948, fenomena kolaborator semakin surut karena makin kuatnya sentiment nasionalisme di kalangan rakyat Palestina dalam menghadapi ancaman zionisme Israel.  Tetapi sejak tahun 1967, Israel berhasil merekrut kolaborator Palestina karena makin banyaknya waga Palestina yang terpaksa mencari pekerjaan di wilayah Israel yang memberikan gaji yang cukup tinggi dari pada kalau mereka bekerja di Palestina sendiri.
Di tempat-tempat kerja itulah biasanya mereka jatuh dengan rayuan-rayuan Intelijen Israel dengan iming-iming imbalan uang, wanita atau narkotika,  Untuk direkrut menjadi kaki tangan Israel.  Sebagian besar yang direkrut Israel adalah dari kalangan warga Palestina yang berpendidikan rendah atau sama sekali tidak berpendidikan.

Di dalam riset yang dilakukan oleh sebuah lembaga di Yerusalem Timur, ada sekitar 1500-2000 kolaborator aktif Palestina yang menjadi mata-mata Israel.  Mereka bukan Cuma menjadi Informan Intelijen saja tetapi juga menebar isu fitnah di kalangan tokoh-tokoh Palestina.  Akibatnya sering terjadi peperangan di kalangan tokoh-tokoh di Palestina.  Walaupun banyak kali dihimbau melalui corong di masjid-mesjid agar para kolaborator kembali ke jalan yang benar yaitu menjadi pejuang Palestina sejati,  namun tidak sedikit yang melalaikan pengumuman itu.


ISI RENUNGAN
Ketika Kristus masih berada di dunia ini, bersama dengan kedua belas rasul, Dia sudah mengetahui bahwa diantara mereka akan ada yang berkhianat kepadaNya.  Tentu saja itu adalah YUDAS ISKARIOT.
Dalam Markus 14:18 ketika sedang mengikuti perjamuan Tuhan , Alkitab berkata “ Ketika mereka duduk di situ dan sedang makan, Yesus berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya seorang di antara kamu akan menyerahkan Aku, yaitu dia yang makan dengan Aku."

Dapatkah kita bayangkan bagaimana terkejutnya para rasul/murid yang mendengarkan kata-kata Yesus itu dihadapan mereka semua.  Memang ada perbedaan antara masalah di Palestina dan yang sementara dihadapi Yesus.  Jika di Palestina tidak diketahui pengkhianat-pengkhianat bangsa, maka Yesus disini justru sudah mengatahui siapa yang akan berkhianat kepadaNya.  Bahkan lebih jauh lagi Kristus mengetahui segala pikiran dan rencana-rencana semua orang termasuk murid-muridNya pada saat itu.

Memang Kristus harus menggenapi nubuatan untuk mati di kayu salib.  Tetapi Alkitab berkata dalam Markus 14:21” Anak Manusia memang akan pergi sesuai dengan yang ada tertulis tentang Dia, akan tetapi celakalah orang yang olehnya Anak Manusia itu diserahkan. Adalah lebih baik bagi orang itu sekiranya ia tidak dilahirkan."

Sekarang ini Kristus sudah berada di sorga. Apakah mungkin kita akan berkhianat lagi kepadaNya sekarang ini?  Mungkin dan pasti jawabannya.  Bagaimana caranya?

·         Seorang murid yang membangkang kepada gurunya dikatakan berkhianat.
·         Suami atau istri yang berzinah kepada pasangannya dikatakan berkhianat.
·         Seorang teman yang berusaha menjerumuskan temannya yang lain ke penjara adalah pengkhianat.
·         Seorang budak atau hamba yang tidak menjalankan tugasnya kepada tuannya adalah pengkhianat.
·         Seorang warga Negara yang menjual dan menjelekkan negaranya sendiri adalah pengkhianat.
·         Seorang atau kelompok orang yang tidak menjalankan perjanjian yang dibuat kedua belah pihak bisa dikatakan berkhianat.

Apa hubungannya dengan Kristus dan orang-orang yang dimaksudkan tadi?  Tentu saja ada hubungan sama sekali.  Marilah kita lihat satu ayat Alkitab yang menegaskan masalah tadi.  “Barangsiapa yang melakukan kepada seseorang , dia telah melakukannya juga kepadaKU.”
Disini jelas, bahwa jika kita melakukan kepada siapa saja manusia diatas dunia ini—baik ataupun buruk—Ia telah melakukannya juga kepada Kristus.  Jadi pengkhianatan kepada manusia juga adalah melakukannya kepada Tuhan juga.



Kesimpulan
Jika anda melakukan pelanggaran Hukum Tuhan artinya saudara sudah berkhianat kepada Tuhan Kristus itu.  Baik dalam perbuatan , kata-kata dan bahkan dalam pikiran kita sendiri, semuanya dapat menunjukkan apakah kita berkhianat atau tidak.
Melakukan kepada orang lain juga menunjukkan bahwa kita juga sedang melakukannya kepada Kristus Yesus.
Oleh karena itu, penyucian atau pengudusan itu dilakukan setiap detik dan tidak henti-hentinya.  Janganlah ada penundaan dalam melakukan kehendakNya, karena kalau kita menyimpang sedikitpun, kita juga sudah berkhianat kepadaNYA.  Berdoalah agar kita tetap setia kepadaNYA dan tidak berkhianat dengan menyalibkan Kristus lagi di dalam perbuatan kita yang melanggar Hukum Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thank you for your attention.